Budaya Skatebording sebagai Industri Fashion di kalangan Milenial
Fashion ataupun gaya berbusana, belakangan ini juga dinilai sebagai salah satu komponen yang mampu merepresentasikan identitas para penggunanya,yang meliputi berbagai aspek mulai dari latar belakang, asal daerah, karakter, status sosial, hingga kepada perasaan para penggunannya.
Belakangan ini trend fashion dengan gaya khas fashion jalanan atau yang lebih dikenal dengan istilah streetwear, diyakini sebagai salah satu trend mode yang kian menjamur di berbagai kalangan Milenial. Fashion Streetwear merupakan mode atau gaya berpakaian khas fashion jalanan, salah satunya dengan mengadopsi budaya skateboarding.
Dengan trend gaya streetwear yang telah masif, maka muncul lah peluang untuk terjun di industri street culture. Sebagai contoh salah satunya adalah industri fashion atau yang kita kenal dengan sebutan clothing line. Seperti Televisi Star, Real Street Assault (RSA), Thanksinsomnia, Maternal, Doesn't Rust My Rhyme dan masih banyak lagi. Meraka adalah brand streetwear yang berfokus pada sekena budaya fashion skateboarding, dalam segi desain, art, fashion, dan fasilitas yang menunjang untuk skateboarder.
Untuk terjun di dunia industri fashion khususnya streetwear, kalian harus mengulik terlebih dahulu apa sih streetwear?, karena industri ini tidak serta merta berfokus pada cuan belaka, banyak hal yang harus kita ketahui di dalamnya seperti komunitas, budaya sekitar dan karakter brand anda sendiri.
Hole Street Magz®2021
Dalam memulai bisnis ini pasti kita memperlukan nama dan karakter untuk brand yang akan kita buat sebagaimana contoh brand di atas tadi. Kemudian menentukan segmentasi market yang akan kita pilih untuk usaha clothing line itu sendiri, dari segi aspek kalangan usia, hobi, dan budaya serta kebutuhan target konsumen.
Di kesempatan kali ini saya selaku penulis dan pelaku usaha di industri streetwear akan memberikan sebuah tips dan wejangan untuk menjalankan sebuah usaha di industri clothing line khususnya di ranah culture streetwear, langsung saja.
Untuk memulai bisnis di industri fashion streetwear yang di gandrungi kaum milenial pertama kita harus menentukan segmentasi target market pasar, dari segi kelompok umur, hobi serta gender konsumen itu sendiri, melakukan identifikasi kebutuhan apa yang butuhkan dan produk seperti apa yang konsumen inginkan. kemudian membuat karakteristin brand/merek yang berbeda dengan produk yang lain, menyiapkan konsep desain produk, marketing sosia medial, market place yang digunakan, melakukan iklan promosi beserta branding brand/merek dengan berbagai media dan relasi, serta konsistensi dalam menjalankan bisnis di skena industri fashion streetwear itu sendiri dan mulai aja dulu, karena tanpa kita memulai hal tersebut maka tidak akan tercipta peluang unuk menjalankan sebuah usaha. well, sekian dari saya. Pesan untuk teman-teman sekalian, lakukan apa yang kalian suka dan never stop learning.
"Karya Ilmiah Peluang Bisnis"
Universitas Amikom Yogyakarta 2021
dari Daffa Dzaqy Al Hakim 21.96.2497
Sumber : https://www.instagram.com/drmr.id
Hole Street Magz - DRMR® Projects
Terimakasi bang, dengan ini saya jadi lebih mengenal dan mengetahuin apa itu street fashion, menginspirasi banget sih ini gila💥
BalasHapusThank's buat apresiasi nya
HapusNice info,jadi lebih tahu tentang street fashion
BalasHapusDank u for appreciated
HapusDi tunggu pembahasan fashion lainya bang
BalasHapusStay tune aja Brad step by step
Hapusmantap bang! LANJUTKAN!
BalasHapusAlright man !
Hapus