Kolaborasi adalah mencari Perbedaan dan Kesamaan dua entitas Budaya
Kolaborasi terbaik muncul dari dua budaya yang berbeda, keunikan kolaborasi adalah mencari perbedaan dua entitas dan mencari kesamaan dua entitas lalu menampilkan dalam satu produk. kolaborasi bisa benar-benar memiliki perbedaan yang ekstrim, tetapi sebaliknya tidak dari dua entitas yang benar-benar ekstrim sama, salah satu contoh kolaborasi terbaik muncul dari dua budaya yang berbeda. Dalam dua perbedaan yang besar ada keseimbangan, dalam dunia underground ada budaya populer dan didalam budaya popular ada budaya underground, kolaborasi streetwear dan popular salah satu kolaborasi yang jarang karena memunculkan sebuah treatment produksi dan distribusi yang berbeda. Banyak kolaborasi yang benar-benar berbeda tetapi coba di satukan, kolaborasi tersebut biasanya tidak untuk mencari kuantitas tetapi lebih mencari kualitas. Sebagai item atau collectible item - Swellxtended.
Picture source : www.instagram.com/gdck_supplyco |
Hole Street Magz®2021
|
Hari ini kami berlanjut dalam pembahasan soal brand GDCK , pada artikel sebelumnya kami sudah menjabarkan apa dan siapa brand GDCK tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa sih kolaborasi? apa sih fungsi dari kolaborasi?, untuk penjelasannya sudah kami berikan di fase pertama dari artikel hari ini di atas. Kami akan mengeskplore tentang kolaborasi dari GDCK dengan salah satu coffee shop (Senopati Kopi) yang berasal dari Magelang. Dengan campaign PASSIONATE PROJECT, GDCK bersama Senopatti Coffee bersinergi menciptakan sebuah brand image dan mengeksplor segmentasi pasar baru dengan mempresentasikan identitas dari kota Magelang (Borobudur & kopi) dengan manyatukan perbedaan dan kesamaan dari dua unsur entitas berbeda (GDCK - Senopati) yang tertuang dalam bentuk produk kopi dan fashion.
Passionate project adalah sebuah proyek yang menceritakan tentang kelompok pribadi atau kolektif yang bertujuan untuk berbagi gairah mereka dari passion yang dimiliki, mereka mengembangkannya hingga menghasilkan sebuah kepuasan, dan tentunya mereka juga punya cara tersendiri untuk menikmati kopi yang kini menjadi hobi atau kebiasaan baru di zaman modern ini. Bekerja sama dengan Senopati kopi, kami berharap dapat menciptakan inovasi atau ekosistem baru untuk segala usia dan bidanag apapun, termasuk industri kreatif saat ini. - GDCK Supply Co.
Picture source : www.instagram.com/gdck_supplyco |
Kolaborasi antara dua entitas yang berbeda dari GDCK dengan Senopati menghasilkan sebuah inovasi produk baru di skena ekosistem kreatif lokal Magelang. Tetap menonjolkan ciri khas dari masing-masing brand, GDCK dengan fashion jalanan nya serta Senopati dengan filosofi kopinya,. Berikut adalah produk hasil kolaborasi yaitu, T-Shirt, Crewneck, Shirt, Apron, Accessoris, Skateboard deck hingga Snack dan detail tampilannya seperi gambar di atas. Dalam kolaborasi tersebut mereka juga mengadakan sebuah acara untuk kegiatan launching produk " Possionate project showchase" , di acara tersebut selain mengadakan pengenalan produk, mereka juga membuka sharing season untuk berbincang bersama komunitas kreatif lokal mengenai kolaborasi yang mereka ciptakan.
Harapan dari kolaborasi tersebut bagi mereka adalah unuk sebagai trigger bagi pelaku idustri kreatif untuk sama-sama mempresentasikan identitas dari Magelang serta untuk mengenalkan brand mereka masing-masing di skena industri kreatif ini. Mereka juga berharap dari kolaborasi tersebut menjadi bagian untuk mempopulerkan identitas Magelang dengan karya-karya yang mereka ciptakan.
Kesimpulan dari makna kolaborasi itu sendiri adalah menyatukan dua entitas budaya yang berbeda untuk mencari PERBEDAAN dan KESAMAN dari dua intitas budaya itu sendiri dan sebagai cara untuk memperluas segmentasi pasar.
"Karya Ilmiah Peluang Bisnis"
Universitas Amikom Yogyakarta 2021
dari Daffa Dzaqy Al Hakim 21.96.2497
Sumber :
Hole Street Magz® 2021
Keren kali bah!! 🔥🔥
BalasHapusThanks ma gurl !!
HapusJoss
BalasHapusDank u G
HapusMantappp👊🏻👊🏻
BalasHapusMuch fvcking love G
Hapus